Makam Troloyo

Google+

Makam Troloyo merupakan kompleks pemakaman islam jaman Kerajaan Majapahit, situs ini terletak di Desa Sentonorejo, Kecamatan Towulan. Obyek utama adalah Makam Sayyid Muhammad Jumadil Qubro (Biasa disebut Syech Jumadil Qubro). Syech Jumadil Qubro adalah kakek dari sunan ampel. Beliau adalah ulama dari persia yang menyebarkan agama islam di tanah jawa. Makam pertama kali diberi cungkup oleh tokoh masyarakat setempat bernama KH. Nawawi pada tahun 1940.

Dikomplek Makam Troloyo terdapat dua kelompok makam, yaitu :
- Kelompok makam bagian depan, terdiri dari makam wali songo dan kelompok Makam Syech Jumadil Qubro. Kelompok inilah yang paling banyak dikunjungi pezirah.
- Kelompok makam bagian belakang terdiri dari dua cungkup, yaitu : cungkup pertama Makam Raden Ayu Anjasmara dan Makam Raden Ayu Kencana Wungu, cungkup kedua dikenal dengan sebutan “kubur pitu”

Makam ini banyak dikunjungi para peziarah walisongo dari berbagai daerah, banyak yang mengatakan bahwa dengan peziarah ke Makam Troloyo dapat membantu mempermudah mencari ilmu.

Musim kunjungan wisatawan terjadi pada saat malam jum’at legi dan setiap malam tanggal 15 bulan suro (muharram) diadakan Unduh-unduh petirtaan, Larung sesaji, Ruwatan sukerto, Mangesti suro, Kirab agung nuswantoro, Haul Syech Jumadil Qubro (kirab), Hadrah, Sema’an qotmil qur’an, dan Pengajian Umum.

Komentar